Lepas Baju Partai Demokrat untuk Jadi Relawan Jokowi

Jakarta (855.news.com) -- Ketua Umum Relawan Jokowi (ReJo) HM Darmizal mengundurkan diri dari jabatan Wakil Ketua Komisi Pengawas Partai Demokrat usai membacakan deklarasi dukungan ReJo terhadap Presiden Joko Widodo di Pilpres 2019.

ReJo adalah sebuah organisasi masyarakat yang diklaim dibentuk oleh sejumlah elite Partai Demokrat. Ormas ini bertujuan untuk melanggengkan masa pemerintahan presiden Jokowi melalui Pilpres di tahun mendatang.

Darmizal mengaku berkomitmen mendukung Jokowi setelah berjumpa dengan ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo, di Solo. Ia bercerita, sejak kecil Jokowi adalah anak yang taat beragama dan memiliki nilai-nilai Islam yang kuat.

Selain itu, ia juga mengaku punya ikatan emosional dengan Jokowi karena mereka merupakan alumni dari perguruan tinggi yang sama, yakni Universitas Gajah Mada Yogyakarta.

"Kebetulan saya satu almamater dengan beliau dari Universitas Gajah Mada," tutur Darmizal dalam acara Deklarasi ReJo, Minggu 6 Mei 2018 siang.

Acara deklarasi ReJo digelar di daerah Tebet, Jakarta. Deklarasi dibacakan langsung oleh Darmizal, mewakili seluruh pengurus ReJo. Turut hadir dalam acara tersebut beberapa tokoh politik seperti Fredi Numberi dan Anwar Fuadi.

Setelah membacakan deklarasi, Darmizal dalam orasinya membacakan surat yang ditujukan kepada Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam surat tersebut, ia menyatakan berhenti dari jabatannya sebagai Wakil Ketua Komisi Pengawas Partai Demokrat.

"Dengan segala hormat, saya menyatakan berhenti dari jabatan saya sebagai Wakil Ketua Komisi Pengawas Partai Demokrat," ujar Darmizal dalam suratnya.

Dalam surat itu, Darmizal menjelaskan hal itu dilakukan agar kegiatannya sebagai Ketua Umum ReJo tidak mengganggu aktivitas Partai Demokrat.

Ia juga berharap dan optimis Partai Demokrat akan tetap solid dan jaya di bawah kepemimpinan SBY.

"Hal ini saya lakukan demi kejayaan Partai Demokrat, dan di atas segalanya demi kejayaan NKRI," tuturnya.

Darmizal menjelaskan ReJo akan menjadi ormas yang bergerak di dalam dan dekat dengan masyarakat.

ReJo akan terus menyatakan dukungan kepada Jokowi melalui media sosial, media konvensional, dan dengan melakukan kunjungan-kunjungan kepada masyarakat.

"Kunjungan kepada masyarakat [secara] door to door, dan melalui kegiatan-kegiatan lain yang memberi manfaat terhadap masyarakat," jelas Darmizal(shav)