Kepuasan Publik Terhadap Jokowi-JK Menurun

Jakarta (855.news.com) -- Lembaga Survei Avara Research Center mencatat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko widodo menurun. Kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi tak sampai 70 persen.

"Tingkat kepuasan kinerja Jokowi-JK menurun 3,5 persen," ujar CEO Alvara, Hasanuddin Ali di kawasan Menteng, Jakarta, Minggu 27 Mei 2018.

Ali mengatakan saat ini lembaganya mencatat 65,9 persen responden puas atas kinerja Jokowi. Sementara pada Februari 2018 tingkat kepuasan mencapai 68,8 persen.

Analisis Ali terhadap penurunan ini adalah disebabkan oleh faktor ekonomi. Publik menganggap Presiden Joko Widodo belum bisa membawa perekonomian Indonesia menjadi lebih baik.

"Isu-isu ekonomi dan ketenagakerjaan masih mendera dan masih perlu banyak perbaikan," terang Ali.

Alvara Research Center menggelar survei lada tanggal 20 April hingga 9 Mei 2018 menggunakan multi stage random sampling. Ada 1.202 responden yang diikutsertakan dari seluruh Indonesia.

Rentan margin error riset ini sebesar 3,10 persen. Sementara tingkat kepercayaan yang ditawarkan Alvara sudah mencapai 95 persen.

Ali memastikan lembaga riset yang ia miliki bebas dari kepentingan kelompok maupun perseorangan dan menggunakan dana pribadi. Dia mengkalim tidak ada kepentingan politik dalam riset yang ia keluarkan.

"Riset ini kami lakukan secara independen. Tidak berkaitan dengan siapun, perseorangan dan parpol serta dapat dipertanggungjawabkan," tutup dia.(it).