Arab Saudi Kecam Keras Aksi Teror di Indonesia

Jakarta (855.news.com)  -- Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi, mengatakan Arab Saudi mengecam keras rentetan serangan teror yang menyerang sejumlah kota di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Sidoarjo, dan Riau dalam dua pekan terakhir.

"Kerajaan Saudi mengutuk keras serangan teror yang terjadi di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir. Kita semua tahu bahwa Nabi Muhammad SAW tidak pernah menyebut orang kafir lalu membunuhnya. Islam tidak pernah mengajarkan kekerasan," kata Osama di sela-sela acara buka bersama sejumlah duta besar negara-negara Arab di kediamannya di Jakarta, Jumat 18 Mei 2018.

Dalam kesempatan itu, Osama juga menegaskan terorisme tidak merepresentasikan Islam. Menurutnya, teroris sama sekali tidak menggambarkan Muslim.

Osama menyebut propaganda teroris seperti ISIS hanya ditujukan untuk menghancurkan Islam. Terorisme, paparnya, juga dilakukan hanya untuk mengadu domba Islam dan agama lain.

"ISIS dan propagandanya ditujukan untuk menghancurkan Islam dan mengadu domba dengan agama lain. Seluruh Muslim harus bisa menghindari fitnah dengan menjauhi terorisme. Kami berdoa semoga seluruh warga Indonesia selalu dalam lindungan-Nya," kata Osama.

Osama mengatakan Saudi turut berbelasungkawa kepada keluarga korban terorisme di Indonesia. Dia mengatakan Riyadh terus mendukung Jakarta dalam memberantas terorisme.

"Saudi terus mendukung Indonesia yang memiliki kesamaan pandangan dan cara dalam menangani isu terorisme. Kapan pun Indonesia membutuhkan bantuan, Saudi siap membantu," kata Dubes Saudi yang pernah lama bertugas di Indonesia sebagai atase pertahanan tersebut. (shav)