Lion Air JR-633 Tabrak Tiang Neon Box di Bengkulu

Jakarta (855.news.com) -- Pesawat Lion Air rute Bengkulu-Jakarta dikabarkan menabrak tiang lampu di Bandara Fatmawati, Bengkulu, Rabu 7 November 2018. Akibatnya sayap bagian kiri pesawat pecah. Kejadian ini dibagikan oleh seorang pengguna Facebook, Sefty Yuslinah.

"Pesawat Lion Air Bengkulu Jakarta, nabrak tiang neon box depan pintu keluar ruang VIP Bandara Fatmawati Bengkulu, sayap Lion Air patah," demikian tertulis di status Facebook Sefty Yuslinah. Sejumlah penumpang terlihat berdiri di luar pesawat tersebut. Sefty juga membagikan foto tiang lampu yang miring.

Sejumlah media lokal Bengkulu memberitakan, pesawat dengan kode penerbangan JT-633 itu batal terbang karena insiden tersebut.

Insiden ini dibenarkan pihak Lion Air. Mereka menyebutkan, salah satu pesawatnya di Bandara Fatmawati, Bengkulu menyenggol tiang lampu hingga sayapnya koyak. Penerbangan terpaksa tertunda karena pesawat akan diperbaiki lebih dulu.  Untuk mengangkut 143 penumpang, Lion mengirim pesawat pengganti dari Jakarta.

Pesawat yang menyenggol tiang tersebut bernomor penerbangan JT-633 rute Bengkulu-Jakarta. Semula pesawat akan terbang pada pukul 18.20 WIB dari Bengkulu.

"Penerbangan JT-633 akan mengangkut tujuh kru pesawat dan 143 penumpang," kata Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulisnya.

Pesawat yang menyenggol tiang itu bermasalah di bagian sayap kirinya. Dalam sejumlah foto yang dibagikan di media sosial, sayap kiri pesawat terlihat koyak.

Insiden menurut Danang terjadi saat pesawat bersiap menuju landas hubung (taxiway).  Saat ini pesawat sudah berada di landas parkir. "Seluruh penumpang diarahkan dan dikembalikan menuju ruang tunggu terminal," kata Danang.

Ia melanjutkan, penerbangan JT-633 rencananya akan diberangkatkan pada malam ini dengan menggunakan pesawat yang didatangkan dari Jakarta.

"Lion Air menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh penumpang atas ketidaknyamanan yang timbul," katanya.  (sur/sur)