KPU Umumkan 49 Caleg Eks Koruptor

Jakarta (855.news.com)--Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan 49 orang calon legislatif Pemilu 2019 yang merupakan mantan terpidana kasus korupsi dari 12 partai politik.

Komisioner KPU Ilham Saputra menjelaskan, Partai Golkar merupakan partai dengan caleg eks koruptor terbanyak yakni 9 orang, Partai Gerindra 6 caleg, Partai Hanura 5 caleg, Partai Demokrat 4 caleg, Partai Berkarya 4 caleg, PAN 4 caleg, Partai Garuda 2 caleg, PKPI 2 caleg, Perindo 2 caleg, PDIP 1 caleg,  PBB 1 caleg, dan PKS 1 caleg.

"Partai Nasdem, PKB, PSI, dan PPP tidak mencalonkan caleg eks koruptor," kata lham dalam jumpa pers di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (30/1).

Lebih jauh Ilham merincinci bahwa 9 caleg eks koruptor merupakan caleg DPD, 16 caleg DPRD Provinsi, dan 24 lainnya DPRD Kabupaten/kota. Tidak ada caleg DPR RI yang tercatat sebagai eks koruptor.

Ia menegaskan pengumuman ini untuk memenuhi hak masyarakat agar mengetahui calon yang mereka pilih. Ilham menyebut KPU juga berencana membeberkan daftar caleg mantan narapidana kasus lain dalam waktu dekat. Hal ini sesuai Pasal 182 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 yang mensyaratkan calon legislasi mantan terpidana untuk mengumumkan statusnya secara terbuka kepada publik.

Data ini akan dipampang di situs resmi KPU dan Ilham juga menyebut ada rencana memampang data tersebut di TPS.

"Nanti kita pertimbangkan ya. Kita pertimbangkan apakah masuk ke dalam PKPU kita karena ini perlu dilegalkan," ucapnya. (*/im).