Memotret Pintar dengan Ponsel

Kota Bekasi (855.news.com) - Memotret gambar yang bagus dari ponsel saat ini menjadi hal yang lumrah dilakukan. Jika anda memiliki ponsel pintar yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir, kemungkinan ponsel anda memiliki kamera cukup bagus dan juga jika anda membaca artikel ini, mungkin anda penasaran tentang bagaimana memotret gambar yang lebih baik dengan ponsel pintar tersebut. Sebelum kita menyelaminya lebih dalam, ketahuilah hal ini: belajar dan mengetahui bagaimana melakukannya adalah bagian yang mudah. Bagian yang sulit adalah menciptakan sesuatu yang ajaib dengan pengetahuan itu, tapi dengan mengetahui bagaimana cara untuk menggapainya, kesempatan anda akan lebih banyak dalam menciptakan gambar-gambar yang indah.

Namun saat ini, kebanyakan dari kita selalu membawa ponsel, ini artinya bahwa sebagian besar dari kita memiliki kamera yang bersama kita sepanjang waktu dan karena kemajuan dalam desain ponsel pintar, kamera menjalankan fungsinya dengan menakjubkan! Memotret gambar yang luar biasa sekarang lebih mudah dalam jangkauan, kemanapun anda pergi. Anda dapat dengan mudah berlatih dengan tangan anda sendiri dan menambah koleksi gambar anda setiap hari.

Kamera ponsel pintar memiliki daya hampir sekuat kamera DSLR dan juga untuk beberapa kelebihan dalam bidikannya. Tapi, jumlah megapixel rendah dan kekurangannya pada kontrol manual membuat anda mencapai Shallow Depth of Field (jarak fokus yang sempit), menghasilkan gerakan subjek tidak begitu tajam serta aplikasi editan yang dimiliki tidak sebanding dengan program-program seperti: Adobe Light Room dan Photoshop.

BERIKUT CARA-CARA TERBAIK BELAJAR FOTOGRAFI DENGAN PONSEL PINTAR ANDA:

PENCAHAYAAN SANGATLAH PENTING

Seperti halnya pada kamera apapun, pencahayaan sangat penting dan itu lebih penting lagi jika anda menggunakan kamera ponsel. Beberapa telepon modern bermunculan dilengkapi dengan kamera yang sangat baik, kebanyakan kamera smartphone masih membutuhkan tambahan nilai plus agar  dapat menciptakan hasil foto yang baik. Di sinilah pencahayaan menjadi teman terbaik anda. Ini tidak selalu bisa untuk dikontrol, tetapi ada dua poin penting yang harus anda ingat: 1) Anda membutuhkan cahaya. 2) Anda tidak perlu cahaya langsung. Biarkan subjek anda untuk berdiri di bawah sinar matahari secara tidak langsung (terbaik) atau pada cahaya buatan secara tak langsung (terbaik kedua), dapat membuat perbedaan antara foto yang buruk dan yang baik.

JANGAN GUNAKAN APLIKASI ZOOM

Aplikasi zoom memang baik, tetapi ketika ini digunakan pada kamera ponsel anda akan terjebak dengan zoom digital ini. Jendela optik dari kamera sebenarnya tidak berfungsi, gambar tidak benar-benar terlihat lebih dekat. Sebaliknya, digital zoom pada dasarnya mengambil bagian gambar yang anda maksudkan dan memperluasnya agar sesuai seluruh layar, seperti jika anda memperbesarnya di layar komputer anda. Ketika melakukan ini, anda mendapatkan resolusi gambar rendah, yang memiliki kualitas yang lebih rendah daripada yang tidak di-zoom. Jadi cukup gunakan kaki dan tangan anda saja dan mendekatlah pada subjek anda. Jika anda harus menggunakan aplikasi zoom untuk mendekatkan subjek anda agar terlihat jelas, anda mungkin akan mendapatkan hasil foto yang tidak memuaskan.

WHITE BALANCE

Banyak kamera ponsel dan aplikasi hadir dengan pilihan untuk mengontrol white balance. Menyesuaikan white balance, anda memastikan warna yang anda tangkap adalah seakurat mungkin, mengingat pencahayaan yang telah tersedia. Kontrol white balance biasanya termasuk pada pilihan “auto” dan pilihan lain seperti pada “siang hari”, “berawan”, “sinar terang”, “lampu pijar”, dll. Sementara “auto” adalah pilihan yang cukup baik, anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik ketika menyesuaikan white balance untuk mencocokkan pencahayaan anda. Jadi, jika anda tahu anda akan mengambil beberapa gambar di dalam ruangan di bawah lampu berwarna kuning, anda dapat mengambil tambahan waktu dan sesuaikanlah white balance anda.

APLIKASI FILTER MEMANG BAGUS, TAPI TIDAK MENGHASILKAN FOTO YANG BAIK

Semua orang menyukai aplikasi filter. Apakah anda suka untuk menggunakannya secara berlebihan, yang retro atau tenang dan minimalis, filter dan efek dapat membantu anda menciptakan hasil maksimal dari foto anda. Jika digunakan secara tidak berlebihan. Tapi yang tidak dapat dilakukan, yaitu memotret foto yang buruk dan mengubahnya menjadi foto yang baik. Jadi jangan mengandalkan filter, buatlah hari anda berwarna, potretlah foto yang bagus dan tingkatkan lagi hasilnya dengan filter. Jangan melakukannya berulang kali atau anda akan mendapatkan hasil akhir dengan foto yang sangat buruk. Sesederhana itulah.

LAKUKANLAH PERLAHAN

Hal ini tak dapat dipungkiri dan penting untuk diingat. Ketika menggunakan kamera dan terutama pada subjek yang agak rendah, biarkanlah agar tangan anda mengerjakannya se-stabil mungkin. Coba sandarkan siku atau tangan anda pada permukaan yang datar saat mengambil foto dan anda akan terkejut melihat perbedaan yang terjadi.

ATUR KETINGGIAN RESOLUSI PADA PONSEL ANDA

Tak dapat dipungkiri, bahwa jika foto anda menggunakan resolusi tertinggi, kualitas terbaik adalah hasilnya. Ketika memotret gambar dengan sebuah kamera ponsel pintar, cobalah untuk mendekat sebisa mungkin terhadap subjek daripada menggunakan aplikasi zoom ketika anda mengambil gambar. Anda akan mendapatkan resolusi dalam cuplikan foto yang lebih baik, daripada menggunakan zoom untuk mendekatkan foto tersebut.

GUNAKAN KAMERA BELAKANG, JANGAN KAMERA DEPAN

Tentunya kamera depan membuat anda menjadi lebih mudah untuk mengambil gambar. Tapi kenyataannya tak dapat dipungkiri bahwa kamera depan pada umumnya memiliki spesifikasi resolusi yang lebih rendah daripada kamera belakang. Hal ini terutama karena kamera belakang dilengkapi dengan kualitas megapixels yang lebih baik, sedangkan fungsi kamera depan yang seharusnya untuk konferensi video.

LENSA ADALAH SEGALANYA BAGI ANDA

Anda memotret banyak gambar menggunakan lensa, berarti benar bahwa lensa merupakan bagian penting dalam tiap proses pemotretan gambar. Ketika anda menyimpan ponsel anda dalam saku atau tas anda, lensa anda bisa saja berdebu karena itu. Bersihkanlah dengan kain, lensa kamera ponsel anda setiap saat agar terhindar dari kotoran atau bekas noda-noda sidik jari. Anda akan terkejut dengan tindakan sederhana membersihkannya seperti itu, dapat membawa dampak yang baik untuk hasil gambar-gambar anda.

MENDEKATLAH PADA CAHAYA

Salah satu masalah terbesar pada saat mengambil foto dalam ruangan adalah kurangnya pencahayaan alami. Pasokan cahaya yang baik dapat membuat makanan terlihat lebih menarik, ekspresi wajah lebih ceria dan lingkungan jadi lebih indah di pandang. Sebisa mungkin, cobalah untuk mengambil foto anda di bawah pencahayaan alami. Anda dapat melakukan ini dengan pergi ke dekat jendela atau pintu saat mengambil foto di dalam ruangan dan sumber cahaya, seperti dekat lampu neon atau lampu jalan saat memotret di luar ruangan.

APLIKASI PENGEDITAN FOTO

Ada banyak hal yang dapat kita lakukan saat memotret gambar dan ingin membuatnya jadi lebih menarik lagi. Banyak perangkat tambahan yang hadir dari penggunaan aplikasi photo-editing setelah memotret gambar. Beberapa aplikasi itu seperti: Camera+ dan Camera FV-5 (untuk Android) hadir berpasangan dengan Photo-Editor .

KESIMPULAN

Guan mendapat hasil maksimal saat memotret dengan Ponsel, ada beberapa langkah dan cara yang harus diperhatikan dalam proses mengambil dan menyunting setiap gambar agar mendapatkan hasil yang maksimal. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam belajar fotografi dengan kamera ponsel pintar, diantaranya yang terpenting dan paling utama yaitu dengan memperhatikan kebersihan lensa kamera ponsel, sebab jika lensa kamera bersih, hasil foto yang didapatkan juga sudah pasti bagus. Lalu kemudian, yang perlu diperhatikan yaitu pengaturan cahaya, posisi dimana anda ingin mengambil gambar, didalam ataukah diluar ruangan. Demikianlah untuk poin terpentingnya, serta dalam belajar apapun yang perlu diingat bahwa jangan terburu-buru dalam mengambil setiap langkah dalam proses pembelajaran tersebut.(im).