Perilaku yang Mendurhakai Anak

Mungkin kita sering mendengar yang namanya orang tua durhaka kepada orang tua. tapi bagaiman jika sebaliknya? apakah ada orang tua yang durhaka kepada anaknya? ternyata sebuah studi agama mengemukakan bahwa ada tanda - tanda orang tua yang mendurhakai anaknya, antara lain:

1. Salah memilihkan calon ibu/ayah.

Maka, dalam memilih calon istri/suami, jadikan faktor keimanan sebagai pertimbangan utama.

2. Menafkahi anak dari hasil yang haram.
Membina dan menumbuhkan jiwa keagamaan pada anak-anak atau manusia pada umumnya sangat berkaitan erat dengan makanan dan minuman yang masuk ke dalam rongga perutnya. Jadi, jangan nafkahi anak dari korupsi, mencuri, dan hasil kejahatan lainnya.

3. Mengajak anak pada kemusrikan.

Salah satu contoh mengajak musrik adalah mengajak anak ke dukun, orang pintar, main blac magic, percaya tahyul, berkata-kata dan bersikap yang esensinya tidak percaya kuasa Allah SWT, dan lainnya.

4. Merintangi anak beragama dengan benar.
Salah satu sebab orang tua merintangi anaknya untuk beragama dengan benar adalah karena orangtua tidak tahu sama sekali apa sebenarnya agama Islam yang murni, sebab selama ini dia hanya beragama Islam berdasarkan keturunan dan adat istiadat yang ditemuinya ditengah masyarakat. Karena itu, ketika dia mengetahui anaknya melakukan hal-hal yang selalu berlawanan dengan apa yang diketahuinya selama ini, dia merasa ditantang oleh anaknya mengenai cara dia  beragama dan pengetahuannya tentang agama yang tidak benar itu.
Ada pula orng tua yang menganggapIslam hanyalah urusan masjid dan surau, sedangkan aspek kehidupan lainnya tidak ada hubungannya dengan Islam. Menurut mereka kenikmatan dunia ini tidak dapat diraih dan direngkuh berdasarkan lapangan hidup Islam.

5. Menelantarkan nafkah anak.

Tidak menafkai anak sama sekali, menggunakan jatah nafkah  anak  untuk kepentingan lain yang tidak ada hubungannya dengan kepentingan pertumbuhan dan pendidikan anak, sementara anak sendiri dibiarkan kesusahan.

6. Menelantarkan pendidikan agama anak.

7. Menempatkan anak dilingkungan yang rusak.
Yang dimaksud lingkungan yang rusak secara Islam ialah lingkungan yang membuat anak jauh dari agama Islam dan berperilaku bertentangan dengan Islam.

8. Memaksakan anak menikah dengan orang yang tidak disukai.

9. Merintangi anak menikah.

10. Memperlakukan anak tidak adil.

11. Membiasakan hal-hal buruk kepada anak.

12. Menyerahkan asuhan anak kepada non muslim.

13. Membebani anak dengan tugas-tugas di luar kemampuannya.

14. Menghilangkan hak waris anak.

15. Melahirkan anak diluar nikah.

16. Membiasakan anak boros.

17. Menciptakan suasana maksiat di lingkungan rumah.

18. Memberikan nama yang buruk kepada anak.

19. Tidak mengakui sebagai anaknya.

20. Membunuh anak.

(R4/berbagai sumber)