Tutur Politik Yogi Kurniawan Muntako (2)

Oleh: Imam Trikarsohadi)*

Sebelum akhirnya memutuskan karir dibidang politik, Yogi Kurniawan Muntako adalah pengusaha muda belia Kota Bekasi yang sukses, dan bisa dihitung dengan sebelah jari anak muda Kota Bekasi yang punya kemampuan seperti ini. Dalam usia yang relatif sangat muda, ia mampu setidaknya membangun enam perusahaan dengan omzet miliaran rupiah.

Apa rahasianya? Jawabnya, Yogi telah memulai membangun dirinya di usia dimana anak muda lain masih gemar bersenang-senang. Sejak duduk dibangku sekolah, pun ketika kuliah, Yogi sudah memulai bisnis dengan berjualan apa saja. Watak ini tentu ada pengaruh juga dari kedua orangtuanya yang pengusaha, terutama Ibunya.  Harty Muntako, Ibunda Yogi adalah sosok pebisnis yang terkenal di Kota Bekasi yang juga memulai segala sesuatunya dari anak tangga terbawah. 

Jiwa bisnis sang Ibunda mengalir deras dalam aliran darah Yogi, pun ketauladanan aspek-aspek lainnya, sehingga Yogi sangat bangga bila dijuluki “anak mama”. Dalam keyakinan Yogi, salah satu kunci sukses paling besar adalah restu dan dukungan Ibu. Sebab itu, bagi Yogi, ibunya itu adalah segala-galanya. Tidak ada orang sukses di muka bumi ini yang tidak menghormati orangtuanya, terutama sekali ibunya.

Restu dan dukungan sang Ibunda pula yang memantapkan langkah Yogi memasuki dunia politik. Ini berawal ketika salah satu maestro politik Kota Bekasi yang juga Walikota Bekasi, Dr Rahmat Effendi “mengendus” potensi leadership yang melekat pada Yogi. 

Pada suatu ketika,  Pak Rahmat Effendi meminta Yogi Kurniawan memimpin Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG). Mendapat permintaan seperti itu sempat membuat Yogi berinkubasi cukup serius dengan dirinya, karena ini permintaan yang tak muda baginya yang belum pernah terjun ke ranah politik. Jadi ketua AMPG Kota Bekasi berarti harus memimpin setidaknya 1.000 pemuda yang menjadi anggota AMPG.

Untuk menolak permintaan, Yogi tak kuasa, karena Pak Rahmat adalah sosok yang sangat ia hormati. Karena itu, Yogi menjawab dengan sangat sopan agar Pak Rahmat lebih dulu meminta ijin ke Ibunda Harty Muntako. Dan, Pak Rahmat pun meminta persetujuan dan dukungan ke Ibunda Yogi agar bersedia memimpin AMPG.

Riwayat diatas adalah gambaran bahwa Yogi Kurniawan Muntako adalah sosok yang memuliakan ibunya.Dan seperti banyak pribadi sukses lainnya di dunia ini oleh sebab memuliakan orangtuanya, terutama Ibunya. Bagi Yogi, Ibu adalah inspirasi dan motivasi dalam kesuksesan hidupnya, sebab itu sangat patut dimuliakan.

Dan dalam pandangan saya, meski usianya relatif muda, Yogi Kurniawan telah relatif   memahami dan mendalami arti dan makna kehidupan secara hakiki. Kecerdasan spiritualnya mumpuni, dan ia banyak belajar dalam pelbagai hal.

Semoga kelak Kota Bekasi memiliki tokoh muda seperti  Salman Al Faritsi yang dicintai Allah melebihi Sang Rasul karena baktinya pada ibu.(*).

BIOGRAFI

Yogi Kurniawan Muntako S.Kom, biasa disapa Bang Yogi Merupakan anak ke-2 dari Alm. H. Muntako & Hj. Harty S. Muntako (Pemilik Resto Wulan Sari)”. Bang Yogi lahir di Bekasi pada 04  Agustus 1986 yaitu sekarang berusia 32 Tahun, Tumbuh dan besar di Kota Bekasi membuatnya ingin mengabdikan dirinya Serta menghibahkan seluruh Kemampuan & Tenaganya untuk Kota Bekasi Sebagai Calon Anggota Legislatif di Dapil Kecamatan Bekasi Timur dan Kecamatan Bekasi Selatan.

PENDIDIKAN

1992 – 1998, SD  Tunas Jaka Sampurna

1998 – 2002, SMP Tunas Jaka Sampurna

2002 – 2004, SMAN 2 Kota Bekasi

2004 – 2008, London School of Public Relations – Jakarta

ORGANISASI

Ketua Umum HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Bekasi Raya Periode 2018 – 2021

Ketua AMPG (Angkatan Muda Partai GOLKAR) Kota Bekasi Periode 2018 – 2020

2010 – saat ini, KB FKPPI (Keluarga Besar Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan TNI/POLRI)  Kota  Bekasi, sebagai Wakil Ketua

2016 – saat ini, KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Kota Bekasi, sebagai Wakil Ketua

2018 – saat ini, ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia) Kota Bekasi, sebagai Wakil Ketua

2018 – saat ini, PERBAKIN (Persatuan Menembak Indonesia) Kota Bekasi, sebagai Wakil Ketua

2018, FBR (Forum Betawi Rempug) Kota Bekasi, sebagai Wakil Ketua.(*).