Mahasiswi Akindo magang di Radio Suara Bekasi.

Kota Bekasi (VOB.news.com) – Fungsi pendidikan yang menjadi  tanggungjawab media, direalisasikan secara tekun oleh Radio Suara Bekasi sejak empat tahun silam. Sebab itu, memasuki usia ke-4 tahun, tidak saja menjadi pilihan prioritas pelajar dan mahasiswa Kota Bekasi dan daerah lainnya di Jabotabek, tapi juga Bandung dan Yogyakarta.

Untuk itu, sejak 20 Februari lalu, dua mahasiswi asal Akedemi Komunikasi Indonesia (Akindo) Yogyakarta praktik magang di Radio Suara Bekasi.

Dibawa bimbingan langsung Direktur Utama Radio Suara Bekasi, Imam Trikarsohadi dan beberapa manajer divisi, keduanya mempraktikan dan memperdalam kemampuan memproduksi iklan yang meliputi copy writter, visual promotion, broadcash promotion, Tv promotion  dan public relation.

“Sangat padat, kami berdua diberi tugas-tugas berkala dan terstruktur oleh Pak Imam. Setelah itu, hasil kami dievaluasi oleh beliau, tepatnya dikuliti, tapi kami jadi semangat, “ kata Adiba Arhan, mahasiswi semester 6  Adiba Arhan semester 6 jurusan advertising Akademi Komunikasi Indonesia (AKINDO) Yogyakarta.

Ada banyak hal yang tak diduga sebelumnya, lanjut Adiba, proses kreatif di Radio Suara Bekasi seperti sumber mata air yang tak ada hentinya.

“Proses kreatif yang diajarkan di Radio Suara Bekasi seperti bom yang dijatuhkan dari pesawat udara, awal mulanya satu bom saja, begitu sampai ke sasaran, berpencar dan berkembang sedemiian rupa menjadi cabang-cabang kreatifitas. Ini yang oleh Pak Imam dinamakan multi player effect kreatifitas,” tuturnya.

Hal senada dikatakan Lely Nurlaili yang juga mahasiswi semester 6 jurusan advertising Akademi Komunikasi Indonesia (AKINDO) Yogyakarta.

“Cukup menantang, apa saja bisa dijadikan bahan kreatifitas disini, wog kita bengong pun bisa jadi sumber inspirasi kreatif iklan.  Saya tergiur memperdalam proses kreatif produksi iklan radio,” sambungnya.

Dijelaskan Lely, ia pun selama di Radio Suara Bekasi ditugasi membimbing para pelajar dari berbagai SMK di Kota Bekasi yang sedang praktik kerja lapangan.

Selain dari Akindo, untuk periode triwulan pertama tahun 2017, tercatat pula para mahasiswa/i dari Universitas Bhayangkara, AMIK BSI, dan STAI yang sedang magang di Radio Suara Bekasi. Untuk PKL, terdiri dari pelajar dari SMKN 1 Kota Bekasi, SMK Mandalahayu 1 & 2 Kota Bekasi, SMK Telekomunikasi Telesandi Kabupaten Bekasi, SMK Mutiara Baru Kota Bekasi, SMK BP& K II Kota Bekasi

Sejak beroperasi empat tahun lalu, tercatat sudah 324 pelajar dan mahasiswa/i yang magang/PKL di Radio Suara Bekasi yang berasal dari sekolah dan perguruan tinggi di Kota/ Kabupaten Bekasi, Jakarta, Bogor, Bandung dan Yogyakarta. (shavira hadi).