Timnas U -16 Juara Piala AFF 2018

Sidoarjo, Jatim (855.news.com) -- Timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF U-16 2018 setelah mengalahkan Thailand 4-3 melalui babak adu penalti setelah bermain imbang 1-1 dalam laga 2x40 menit di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu 11 Agustus 2018 malam.

Timnas Indonesia berupaya mengambil inisiatif serangan seperti di laga-laga sebelumnya. Beberapa kali tusukan dari sayap maupun lini tengah yang dilakukan David Maulana dan kawan-kawan berhasil memasuki area kotak penalti Thailand, namun tidak ada eksekusi yang menuntaskan serangan Garuda Asia.

Pertandingan baru berjalan 17 menit, Fakhri Husaini melakukan pergantian pemain dengan menarik Amanar Abdilah dan memasukkan M Fajar Fathur Rachman.

Pada menit ke-33 umpan panjang dari tengah yang dikirimkan Andre berhasil diselesaikan Fajar dengan sebuah sontekan. Kiper Anuchid Tawesri yang mencoba menutup pergerakan Fajar gagal menjangkau bola dan harus menerima gawangnya kebobolan.

Indonesia U-16 berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 hingga wasit meniup peluit panjang.

Memasuki babak kedua Thailand kembali berupaya mengejar ketertinggalan. Tim muda Gajah Perang menguasai bola dan membuat pemain Timnas Indonesia kesulitan menciptakan peluang untuk menambah gol.

Situasi di awal babak kedua merupakan kebalikan dari yang terjadi di babak pertama, karena Thailand berbalik dominan dalam penguasaan bola dan Indonesia memainkan umpan-umpan panjang.

Pada menit ke-71 sebuah serangan Thailand menghasilkan gol. Appidet Jangnam dengan mudah menendang bola tanpa kawalan di depan gawang.

Skor 1-1 bertahan hingga laga 2X40 menit usai. 

Pada adu penalti, algojo pertama Thanarin Thumsen berhasil menyelesaikan tugas. Sutan Diego Zico yang menjadi eksekutor pertama Indonesia berhasil melakukan tugas dengan baik.

Ernando Ari Sutaryadi menjadi penyelamat gawang Indonesia dengan keberhasilan menghalau tendangan Apidet Janngam. Indonesia berbalik unggul 2-1 setelah Amiruddin Bagus Kahfi menjaringkan si kulit bulat.

Anucha Sodsri yang menjadi eksekutor ketiga Thailand membuat skor menjadi 2-2. Skor imbang hanya beberapa saat karena Rendy Julainsyah mampu menaklukkan Anuchid Tawesri.

Kittipong Khetpara melesakkan bola sekaligus mengecoh Ernando pada tendangan keempat. David Maulana yang menjadi penembak keempat juga berhasil mengecoh kiper Thailand dan membuat skor menjadi 4-3.

Ernando Ari memastikan gelar juara bagi Indonesia setelah mematahkan penalti algojo terakhir Thailand Pongsakorn Innet.

Skor 4-3 di babak adu penalti setelah imbang 1-1 di waktu normal menjadi kemenangan pertama Indonesia di ajang Piala AFF U-16 2018. 

Susunan pemain inti Timnas Indonesia U-16:
Ernando Ari Sutaryadi; Amiruddin Bagas Kaffa, Fadilah Nur Rahman, Komang Teguh Trisnanda, M Yudha Febrian; Andre Oktaviansyah, Brylian Aldama, David Maulana; M Supriyadi, Amiruddin Bagus Kahfi, Amanar Abdilah

Susunan pemain inti timnas Thailand U-16:
Anuchid Tawesri; Arthit BuaNgam, Chatmongkol Phueangtanarot, Jakkrapong Sanmahung, Pongsakorn Innet; Thanarin Thumsen, Sarawut Soawaros, Thanakrit Laokrai, Sattawas Leela, Sithinan Pungruerang, Thodsawat Aunkongrat(im)